//
you're reading...
Pariwisata

Upacara Kenduri Sko Kerinci

Upacara kenduri sko merupakan upacara puncak kebudayaan masyarakat Kerinci. Dengan kata lain dapat diartikan sebagai suatu perhelatan tradisional masyarakat Kerinci dengan maksud dan tujuan tertentu. Upacara kenduri sko hanya dilakukan pada desa pesekutuan adat atau masyarakat adat dari dusun asal desa-desa yang memiliki sejarah tetua adat depati ninik mamak dan juga memiliki benda-benda pusaka.

Desa-desa yang masih melaksanakan upacara ini diantaranya adalah Desa Tanjung Pauh Mudik yang terletak di Kecamatan Keliling Danau. Bagi masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik upacara ini sangat penting dilaksanakan sebagai rasa syukur atas hasil  panen yang diberikan Allah SWT kepada mereka, dan pada upacara ini juga  akan dipilih para pemangku-pemangku adat yang akan memimpin desa tersebut. Di Tanjung Pauh Mudik, upacara ini dilaksanakan dengan sangat meriah, selain dihadiri oleh  masyarakat setempat, juga dihadiri oleh masyarakat desa-desa terdekat  dan undangan dari luar desa.

Sebagaimana upacara-upacara adat lainnya, upacara adat kenduri sko menarik untuk dikaji. Kenduri sko merupakan upacara adat terbesar yang ada di Kerinci dan mempunyai makna tersendiri bagi masyarakat. Di dalam upacara tersebut terdapat acara  penurunan benda-benda pusaka nenek moyang, serta pemberian gelar adat  kepada pemangku-pemangku adat yang baru yang akan memimpin adat desa tersebut. Dengan demikian, upacara kenduri sko sangat penting sekali bagi orang Melayu Tua yang ada di Kabupaten Kerinci khususnya Desa Tanjung Pauh Mudik.sehingga upacara tersebut bertahan hingga saat ini ?

Permasalahan ini diuraikan ke dalam empat pertanyaan penelitian yakni:
1. Siapa-siapa saja yang terlibat dalam upacara adat kenduri sko yang ada di Desa Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci ?
2. Bagaimana proses pelaksanaan upacara adat kenduri sko yang ada di Desa Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci ?
3. Apa kepentingan-kepentingan yang tercangkup dari pelaksanaan upacara adat kenduri sko bagi kehidupan masyarakat di Desa Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci ?
4. Hal-hal apa saja yang mendukung upacara adat kenduri sko dapat bertahan hingga saat ini !

Diskusi

Belum ada komentar.

AJUKAN PENDAPAT, SARAN DAN KRITIK ANDA

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CENTRAL BIBIT TANAMAN

Tempat Iklan Gratis

BIKIN WEBSITE SENDIRI

www.waroengweb.co.id

www.waroengweb.co.id

Kerinci Online

%d blogger menyukai ini: