//
you're reading...
Pertanian

Kulit Manis Kerinci Jadi Tepung

Sejumlah pengusaha pengolahan makanan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, mendesak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kerinci, untuk segera mengembangkan tepung kulit manis.

Hal tersebut mereka lakukan, karena selama ini mereka kesulitan mengolah produk makanan mereka, yang memiliki cita rasa kulit manis. “Selama ini kami hanya menggunakan ekstrak kulit manis dengan cara mencelupkan stiknya saja,” ujar pengusaha dodol kentang, Zedi.

Menurutnya, ekstrak kulit manis dengan hanya mencelupkan stiknya ke dalam air panas, rasanya tidak terlalu enak jika dibandingkan dengan mencampurkan bubuknya langsung ke dalam bahan makanan.

“Kalau menggunakan bubuk kulit manis, rasanya lebih enak karena bubuknya langsung menyatu dengan bahan makan. Hanya saja selama ini kita tidak bisa mendapat bubuk tersebut, kalaupun ada harus dibeli dari Jawa. Padahal kulit manis sendiri asalnya dari Kerinci,” katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh pengusaha rumah makan di Kerinci. Saat dikonfirmasi, mereka juga lebih memilih menggunakan kulit manis dalam bentuk bubuk, jika dibandingkan kulit manis dalam bentuk stik.

“Selain pertimbangan aroma dan rasanya yang lebih bagus, menggunakan kulit manis dalam bentuk bubuk lebih praktis. Kalau penggunaan dalam bentuk stik, harus digiling terlebih dahulu, dan butuh waktu yang lama,” kata Sinta, pengelola salah satu rumah makan di Kerinci.

Petani kulit manis, juga berharap rencana produksi bubuk kulit manis segera terealisasi. Petani berharap, dengan diproduksinya kulit manis menjadi bubuk, bisa meningkatkan harga kulit manis yang selama ini dijual murah oleh petani.

“Kami dengar kulit manis dalam bentuk bubuk harganya lebih mahal. Jika itu memang benar, tentunya kami bisa menikmati hasil penjualan kulit manis lebih layak lagi. Apalagi kami sudah bekerja puluhan tahun untuk merawat tanaman kulit manis tersebut,” ungkap Samsul, petani kulit manis di Kecamatan Batang Merangin.

Kabid Industri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kerinci, Bustanudin, kepada Tribun, Kamis (2/6) mengatakan, akan mengupayakan pengolahan kulit manis tersebut, agar produsen makanan bisa mengembangkan makanan dengan citarasa kulit manis.

“Selama ini kita hanya memproduksi kulit manis dalam bentuk barang mentah saja, sehingga harganya murah. Ke depannya kita akan menjual kulit manis dalam bentuk barang jadi,” ujar Bustanudin.

Menurut Bustanudin, selain bisa diolah menjadi sirup, kulit manis juga bisa diolah menjadi bahan makanan dan produk lainnya, yakni dibuat menjadi minyak asiri, tepung, dan berbagai makanan lainnya.

“Setiap tahunnya paling tidak Kerinci memproduksi 50 ribu ton kulit manis. Jika potensi tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik, tentunya akan sangat rugi. Jika pengusaha Kerinci bisa memproduksi barang jadi, tentunya harga kulit manis bisa meningkat,” katanya.

Kepala Bidang Industri, Dinas Perdagangan Provinsi Jambi, Ir Hasbumar, mengatakan sangat yakin hasil pengolahan kulit manis bisa menjadi produk unggulan di Provinsi Jambi. “Saya yakin kulit manis akan dicari orang jika dikelola dengan baik. Apalagi kulit manis tidak ada di tempat lain,” tegasnya.

Untuk membantu petani mengolah kulit manis tersebut, ia mengaku sedang mendesain mesin pengolahan, yang nantinya akan dibantukan kepada petani. “Jika dijual dalam bentuk powder, harga kulit manis bisa mencapai Rp 60 ribu per kilo, namun jika dijual dalam bentuk batangan saja, harganya paling tinggi hanya Rp 7 ribu per kilo,” pungkasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

AJUKAN PENDAPAT, SARAN DAN KRITIK ANDA

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CENTRAL BIBIT TANAMAN

Tempat Iklan Gratis

BIKIN WEBSITE SENDIRI

www.waroengweb.co.id

www.waroengweb.co.id

Kerinci Online

%d blogger menyukai ini: